• Mon. Oct 25th, 2021

Apa itu Afiliasi ?

Byadmin

Sep 23, 2021

Apa itu Afiliasi ?

Apa itu Afiliasi ? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, afiliasi adalah bentuk kerja sama antara dua lembaga, biasanya yang satu lebih besar daripada yang lain, tetapi masing-masing berdiri sendiri. Afiliasi bisa juga disebut sebagai hubungan atau pertalian sebagai anggota atau cabang.

Mendapatkan uang tanpa perlu melakukan banyak hal adalah keinginan bagi sebagian besar orang. Untungnya Anda hidup di era digital, di mana ada banyak cara mencari uang dari internet. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan program afiliasi.

Dengan program afiliasi, Anda bisa mendapatkan penghasilan pasif dengan sedikit modal saja!

Apa Itu Program Afiliasi?
Program afiliasi adalah program yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan komisi apabila Anda berhasil membuat orang lain membeli atau menggunakan suatu produk.

Jumlah dari komisi yang Anda dapatkan berbeda-beda tergantung kebijakan perusahaan yang Anda ikuti. Misalnya, Amazon yang menawarkan komisi hingga 10%, sementara HL8 memberikan komisi 40% untuk Anda.

Cara Kerja Program Afiliasi
Sebelum lebih jauh membahas cara kerja program afiliasi, kami jelaskan secara singkat dulu para pihak yang terlibat di dalamnya. Tiga pihak yang terlibat langsung dalam program afiliasi adalah:

Pemilik Produk: bisa merupakan perusahaan, vendor, penjual, dan lainnya. Merekalah yang mengeluarkan program afiliasi ini.
Afiliator: orang yang mengikuti program afiliasi. Mereka bertugas memasarkan produk dari pemilik program afiliasi kepada calon konsumen.
Konsumen: konsumen bisa membeli produk dari pemilik produk melalui afiliator.
Setelah mengetahui pihak-pihak yang terlibat, di bawah ini kami jelaskan cara kerja afiliasi. Cara kerja program afiliasi adalah sebagai berikut:

1. Daftar Program Afiliasi
Untuk mengikuti program afiliasi, Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Pendaftaran biasanya bisa dilakukan di website perusahaan tersebut.

Nah, setelah mendaftar, Anda akan mendapatkan kode referral. Kode referral ini unik untuk setiap orangnya dan digunakan sebagai konfirmasi kalau konsumen memang membeli dari afiliator tersebut.

Oh ya, kadang justru Anda yang ditawari untuk mengikuti program afiliasi, lho. Penawaran program afiliasi ini biasanya terjadi pada influencer media sosial atau blogger trafik besar dengan tema pembahasan yang sesuai dengan produk afiliasi tersebut.

2. Promosi Produk Afiliasi
Agar bisnis afiliasi menghasilkan banyak komisi, Anda harus mempromosikan kode referral sehingga banyak yang orang beli. Promosi ini bisa Anda lakukan dengan beberapa cara:

Buat Review Produk di Blog
Anda bisa menulis artikel yang mereview suatu produk afiliasi. Tapi ingat, Anda harus mempertimbangkan kesesuaian tema blog dengan produk afiliasi. Usahakan target audiens blog dan target audiens produk afiliasi itu sama agar promosi Anda efektif.

Tulislah review yang apa adanya dan membahas pengalaman Anda menggunakan produk tersebut dengan mendalam. Jabarkan kelebihan dan kekurangannya, lalu akhiri dengan CTA kode referral Anda.

3. Orang-Orang Menggunakan Kode Referral Anda
Tujuan melakukan promosi afiliasi adalah agar orang-orang menggunakan kode referral Anda. Nah, jika ada yang menggunakan kode referral, konsumen mendapat diskon tambahan dan Anda sebagai afiliator mendapatkan komisi. Win win solution, bukan?

Oh ya, walaupun Anda mendapatkan komisi dari pembelian konsumen, bukan berarti harga produk yang dibeli konsumen akan lebih tinggi daripada harga normal. Umumnya, harganya sama saja.

Bahkan, di beberapa kasus –seperti program afiliasi HL8– justru konsumen mendapatkan harga yang lebih murah lewat kode referral daripada membeli langsung.

4. Dapatkan Komisi
Komisi akan didapatkan apabila ada yang menggunakan kode referral Anda. Nah di sini, Anda akan berbagi profit dengan pemilik produk.

Namun, untuk mendapatkan komisi tak melulu mengharuskan konsumen membeli suatu produk terlebih dahulu, lho. Tergantung dari perusahaannya, ada tiga jenis komisi dari program afiliasi:

Per Penjualan
Ini adalah jenis pembagian komisi yang umumnya diterapkan dalam program afiliasi. Setelah konsumen membeli produk melalui link referral, Anda akan diberikan komisi beberapa persen dari harga penjualan.

Dengan kata lain, orang-orang tak hanya harus mengklik link referral, lalu Anda akan langsung mendapatkan komisi. Namun, mereka wajib melakukan pembelian terlebih dahulu dan menjadi konsumen dari perusahaan pemilik produk.

Contoh dari program referral jenis ini adalah program referral HL8. Di mana afiliator akan mendapatkan komisi 40% per penjualan  dari link referral miliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!